Mengenal 7 Ciri-ciri Pengikut Dajjal di Akhir Zaman

    99
    0

    1.Orang orang yahudi
    Terkait hal ini, Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah SWT bersabda bahwa kelak dajjal akan diikuti oleh 70.000 orang yahudi dan Asbahan (sekarang masuk wilayah iran) yang memakai baju tebal berjahit. (HR.Muslim)

    Hadist ini bukan menunjukan pembatasan jumlah, namun terkait betapa banyaknya pengikut Dajjal kala itu. Jika di Ashbahan saja pengikutnya saja sebanyak itu, apalagi di wilayah wilayah lainnya. Terlebih, Dajjal diberikan kemampuan luar biasa untuk berkeliling dunia dalam waktu yang super cepat , melainkan :
    Mekkah, dan Madinah yang dijaga oleh Malaikat.

    2.Kelompok-kelompok menyempal dan Khawarij .
    Menurut ibnu majjah , Nabi bersabda bahwa akan tumbuh pemuda yang fasih baca Al-Qur’an tapi hanya sampai kerongkongan.  Setiap kali sekelompok dari mereka muncul, maka pantas dihancurkan. Kemunculannya lebih dari 20 kali hingga sampai kedatangan dajjal.

    Dari hadist tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa salah satu Pengikut Dajjal adalah Khawarij. Sebuah gambaran umum bagi orang-orang yang dungu. Tidak mengetahui hal hal baik ajaran-ajaran islam yang benar, memahami islam dari lahiriah saja , gampang mengkafirkan orang tanpa dasar ilmu dan lain sebagiannya yang menggambarkan kepandiran mereka.

    3. Pelaku Bid’ah dan kesesatan
    Hudzaifah RA pernah mendengar sabda nabi bahwa setiap umat ada Majusinya, sementara Majusi Umat ini adalah mereka yang tidak percaya takdir. Kalau berjumpa dengan orang semacam ini . Nabi shallallahu alaihi wassalam melarang untuk menghadiri jenazahnya dan dilarang membesuk mereka dikala sakit karena mereka adalah pengikut Dajjal. (HR Abu Dawud)

    Hadist ini menggambarkan secara implisit bahwa kelak pengikut dajjal adalah orang orang yang suka melakukan bid’ah  (baik secara aqidah maupun ibadah) dan suka mengerjakan kesesatan.

    4. Para Wanita .
    Kelak di akhir zaman berdasarkan Riwayat Ahmad kebanyakan yang terpengaruh dengan fitnah Dajjal adalah para wanita. Sampai-sampai ada orang yang mengikat istri , putri, saudara perempuannya agar tidak keluar rumah, termakan fitnah dajjal.

    Hadist ini sama sekali bukan bermaksud merendahkan wanita. Menurut Dr. Mubayyadh banyak di kalangan wanita yang mengikuti Dajjal karena gampang tergoda dengan syahwad dunia, dan tidak begitu mengedepankan akalnya sebagaimana laki-laki.

    5. Setan
    Dalam hadist riwayat Amru bin Ash RA Disebutkan sabda nabi bahwa dilaut ada etan-setan yang dipenjara oleh Nabi Sulaiman RA yang kelak akan keluar membacakan sesuatu kepada manusia (HR Muslim) Kemungkinan keluarnya setan setan ini adalah menjelang atau saat Dajjal muncul.

    Dalam sebagian riwayat disebutkan bahwa kelak setan setan akan berjalan dibagian depan Dajjal yang menyerukan fitnahnya di berbagai negeri dan kota yang dimasuki Dajjal.

    6. Tukang Sihir
    Berdasarkan penelitian Dr.Mubayyadth disebagian riwayat ada yang menunjukkan bahwa tukang sihir (dukun dan semacamnya) kelak menjadi pengikut Dajjal.

    Mereka berjalan didepan Dajjal dengan kebohongan dan kedustaan yang dibuat buat untuk menyebarkan fitnah Dajjal.

    7. Pengikut Hawa Nafsu
    Pengikut Dajjal yang lain adalah mereka yang tahu bahwa Dajjal itu dusta, namun mereka tak kuat bersabar menahan fitnahnya akibatnya termakan juga.

    Abu Nu’aim meriwayatkan dari Ubaid bin Umar Ak-laitsi bahwa ketika Dajjal keluar , salah satu yang mengikutinya adalah orang orang yang mengetahui bahwa Dajjal adalah Kafir tapi mereka tetap mengikuti karena ingin makan makanannya serta kebutuhan lainnya.

    ketika murka Allah turun, maka mereka juga terkena imbasnya.

    Dari ke tujuh orang pengikut dajjal, setidaknya umat islam waspadalah sejak sekarang dengan tidak latah terhadap orang-orang Yahudi yang konon sekarang menguasai dunia.

    Tidak ikut-ikutan dengan sekte menyimpang seperti Khawarij dan semacamnya, tidak melakukan Bid’ah serta kesesatan.

    Bagi wanita yang mempersiapkan diri dari berbagai fitnah yang bisa menggelincir atau bagi orang yang tua menjaga pendidikan terutama anak putrinya dengan baik agar tak termakan fitnah, demikian juga menjauhkan diri dari laknat langkah setan, tukang sihir Dan hawa.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.